Senin, 22 Januari 2018

Perilaku Masyarakat dalam Perubahan Sosial Budaya di Era Global

Perilaku Masyarakat dalam Perubahan Sosial Budaya di Era Global
》》Modernisasi

  Modernisasi adalah suatu proses transformasi dari suatu perubahan kearah yang lebih maju atau meningkat diberbagai aspek dalam kehidupan masyarakat. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa Modernisasi adalah proses perubahan dari cara cara tradisional ke cara cara baru yang lebih maju dalam rangka untuk peningkatan kualitas hidup dimasyarakat. Modernisasi biasanya merupakan bentuk perubahan sosial yang terencana dan terarah.
     Di Indonesia berbagai bentuk modernisasi banyak kita jumpai diberbagai aspek kehidupan masyarkatnya dalam berbagai bidang kehidupan. Berbagai bidang tersebut dapat berkembang melalui serangkaian proses yang panjang sehingga mencapai pola pola prilaku baru yang terwujud pada kehidupan masyarakat modern. Tidak heran bila banyak anggota masyarakat salah langka dalam menyikapi atau memahami tentang konsep modernisasi.
     Untuk menghindari kesimpangsiuran pengertian dan kesalahan tentang modernisasi, maka secara garis besar istilah modern dapat diartikan sebagai berikut :
1. Modern bearti kemajuan yang rasional dalam segala bidang
2. Meningkatnya taraf kehidupan masyarakat secara utuh,menyeluruh dan merata.
3. Modern bearti berkemanusiaan dan tinggi nilai peradabanya dalam pergaulan hidup.
     Modernosasi harus mampu memproyeksikan kecenderungan yang ada dalam kehidupan bermasyarakat pada waktu yang akan datang.  Syarat syarat terjadinya Modernisasi :
1. Cara berpikir yang ilmiah dalam kelas penguasa maupun masyarakat.
2. Sistem administrasi negara yang baik. yang benar benar mewujudkan birokrasi
3. Adanya sistem pengumpulan data yang teratur.
4. Tingkat organisasi yang tinggi. terutama disiplin diri.
5. Sentralisasi wewenang dalam pelaksanaan perencanaan sosial.
6. penciptaan iklim yang menyenangkan dari mesyarakat terhadap modernisasi dengan cara penggunaan alat alat komunikasi massa
 
      Modernisasi berbeda dengan westernisasi, jika modernisasi adalah suatu bentuk perubahan dari cara cara tradisional ke cara cara yang lebih maju, sedangkan westernisasi adalah proses peniruan masyarakat terhadap budaya yang lain yang dianggap lebih baik dari budayanya sendiri.

Terimah kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penambahan s/es pada Kata Kerja dalam simple present

Penambahan s/es pada Kata Kerja dalam Bahasa Inggris                Penambahan s/es pada kata kerja dalam kalimat simple present diberlaku...