Senin, 05 Maret 2018

Ukhuwah Nahdliyah

Ukhuwah Nahdliyah



A Pengertian Ukuwah Nahdliyah
     Kata ukhuwah bearti persaudaraan. Ukhuwah nahdliyah bearti persaudaraan menurut pandangan Nahdlatul Ulama. Pandangan NU tentang ukhuwah dibangun bedasarkan ajaran islam tentang pentingnya menjalin persaudaraan dan menghindari hal hal yang merusaknya.

B. Macam Macam Ukhuwah Nahdliyah

1. Ukhuwah Islamiyah
     Ukhuwah islamiyah adalah persaudaraan yang dibangun berdasarkan kesamaan akidah. Umat islam wajib menjalin hubungan persaudaraan antara sesama umat islam karena umat islam adalah umat yang satu (ummatan wahidah).

2. Ukhuwah Wathaniyah
      Ukhuwah wathaniyah adalah persaudaraan yang dibangun berdasarkan kesamaan dan kesadaran kebangsaan dan cita cita membangun suatu negara. Ukhuwah ini sangat terkait dengan masalah masalah kemasyarakatan dan kebangsaan. Ukhuwah wathaniyah bertujuan untuk membina persatuan dan kesatuan antar anggota masyarakat.

3. Ukhuwah Basyariyah
      Ukhuwah Basyariyah adalah persaudaran yang dibangun berdasarkan rasa kemanusiaan. Karena manusia pada dasarnya adalah bersaudara. Keaneragaman manusia adalah perbedaan alami yang harus dihormati dan tidak boleh dipertentangkan.

C. Penerapan Ukhuwah Nahdliyah
      Ukhuwah Nahdliyah merupakan ajaran yang dibangun dan dikembangkan oleh jamiiyah NU dengan tujuan untuk membangun tata manusia yang saling membutuhkan dan saling  mendukung dalam rangka menciptakan perdamaian dimuka bumi ini.
      Ukhuwah Nahdliyah harus difahami dan diamalkan secara serentak, terpadu dan tidak bpleh dipertentangkan. Maka dalam melaksanakan ukhuwah yang satu dengan yang lainnya tidak boleh ada pertentangan karena keduanya saling mendukung.
       Ukhuwah Nahdliyah dapat diamalkan dengan syarat :
1. Saling mengenal - at ta aruf.
2. Saling tenggang rasa atau toleransi - at tasamuh.
3. Saling menolong - at ta awun.
4. Saling mendukung - at tadlamun.
5. Saling menyayangi - at tarahum.
      Sikap yang menghambat penerapan ukhuwah nahdliyah :
1. At tajassus ( saling mencurigai).
2. At takabbur (sombong)
3. Tamak (serakah)
4. Al isyraf (boros)
5. At tahassus
Dan masih banyak hal hal yang menghambat pelaksaan ukhuwah yang haru dihindri demi tercapanya kemaslahatan ummat.
Terimah kasih


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penambahan s/es pada Kata Kerja dalam simple present

Penambahan s/es pada Kata Kerja dalam Bahasa Inggris                Penambahan s/es pada kata kerja dalam kalimat simple present diberlaku...